searching for the extra from the ordinary

Surga Kecil di Depan Kamar

_MG_3685

Lily (Lilium) saat berkembang penuh)

*all photos by me*

Dulu, almarhum Ibu saya suka sekali berkebun.

Ada yang bilang, berkebun itu tergantung tangan si penanam. Ada yang menanam apa saja bisa subur, ada juga yang tidak. Sepertinya, Ibu saya tergolong ke dalam yang pertama. Apa saja yang ditanamnya bisa tumbuh subur—dari bunga, pohon buah, sampai tanaman obat.

Sekarang, saya melanjutkan kegemaran Ibu. Di lahan kecil di depan kamar, saya menanam beberapa jenis bunga. Kebanyakan bibitnya didapat dari hasil berburu di pinggir jalan (atau di rumah teman)😀

_MG_3690

Krokot (Portulaca) | media tanam: tanah, sekam, & serabut akar beringin

Ararea

Ararea dengan kuncup yang baru muncul | media tanam: tanah & bulu anjing

IMG_8480

Ararea saat berbunga penuh

_MG_3696

Tapak Dara (Catharanthus roseus) | media tanam: tanah & sekam

Ratu Kebun

Ada satu tanaman bunga yang, buat saya, seperti menjadi “ratu” di kebun itu—bunga Lily (Lilium). Indukan bunga ini saya temukan di depan rumah (ehem) pacar saya—tumbuh begitu saja tidak terawat. Lalu, indukan itu saya minta, dan kemudian saya ‘migrasi’kan ke kebun saya. Beberapa batang anakannya juga saya tanam terpisah.

Dengan sinar matahari dan air yang cukup, indukan bunga Lily itu cepat sekali berbunga. Cantiknya luar biasa; tidak salah orang menjulukinya “Queen of the Garden”🙂

_MG_3683

Lily ketika mulai berkembang

P

Amarilis | media tanam: tanah, sekam & bulu anjing

_MG_3697-horz

Krokot (Portulaca) yang ditanam di dalam besek bekas | media tanam: serabut akar beringin & sekam

Melihat kebun kecil itu subur, teman-teman saya ikut meramaikan. Jadi, sekarang kebun itu tidak hanya berisi bebungaan, tapi juga sayuran. Hampir semua tanaman itu saya tanam dengan media tanam yang berbeda-beda—dari tanah dan sekam, serabut akar tanaman lain, sampai bulu anjing. Wadahnya juga memanfaatkan barang-barang bekas, misalnya botol plastik.

Memang belum seramai kebun Ibu saya sih, tapi senang sekali rasanya tiap membuka pintu kamar langsung disuguhi pemandangan bunga-bunga yang sedang berkembang; seperti menemukan surga kecil di sana!

Leave a Reply

